Trik membuat autoblog dengan RSSforward

Friday, July 22, 2011


Saya sedikit segan ketika posting seputar teknik curang. Tapi akhirnya saya pikir itu sah-sah saja, alasannya klasik, untuk pengetahuan. Biar kita tahu cara kerja autoblog sederhana dan juga cara mencegah autoblog mengambil konten dari blog kita... :D
Sepertinya artikel ini bakal hits di google mengingat makin banyak saja blogger-blogger instan yang menghendaki segala sesuatunya serba AUTO.

Jika anda seorang yang sudah lama masuk ke dunia blogging pastinya hanya dengan mengetahui judul saja maka anda telah menguasai teknik autoblog sederhana ini... :D
Di postingan saya sebelumnya telah dibahas apa itu autoblog. Nah, seperti yang saya tulis disana, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat autoblog dengan jasa RSS Forward.



RSS forward merupakan layanan RSS gratis (bisa juga premium) yang mengirimkan konten-konten dari RSS website pilihan kita langsung ke inbox email, 1 email tiap-tiap postingan. Nah, setelah postingan sudah sampai di inbox. Maka anda tinggal FORWARD email tersebut langsung ke situs anda.
Blogger memiliki fitur mail2blogger yang sangat cocok untuk melakukan autoblog. Jadi email anda tinggal set filter, if(from mail@rssforward.com){forward to asdfg@blogger.com} selesai deh.... :D

Sengaja tidak saya jelaskan lebih lanjut. Begitulah konsep dasarnya.
Lalu bagaimana cara menghindari konten blog kita dicuri oleh blog-blog instan semacam ini?
Satu-satunya cara yang efektif adalah mengatur RSS feed anda menjadi short. Default RSS feed umumnya full. Jadi kalau anda setting ke short, maka yang akan diambil hanyalah cuplikan dari postingan anda, yang dibarengi dengan Read more...

Anda juga bisa menambahkan linkback ke blog anda di bagian footer RSS feed. Jadi walaupun content anda dicuri, tetap ada sumber blog anda disana.
Perlu juga saya beritahukan bahwa RSS forward TIDAK memiliki keamanan. Bermodal link di footernya, maka anda bisa memasuki account RSS forward orang lain tanpa kesulitan sedikitpun. Di sana anda bakal mengetahui feed-feed yang di subscribe orang tersebut dan memodifikasinya. Jadi anda bisa saja berbuat iseng dengan account itu.. :D

Sekian saja tulisan saya yang kurang jelas ini. Semoga anda mengerti.. :D

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

4 comments:

Tips Blogging said...

Berguna banget tipsnya. saya ini suka yang otomatis kayak gini. soalnya punya blog bahasa inggris tapi bahasa inggris belepotan. jadinya "wajib" untuk pake yang otomatis auto blog

Admin said...

wah, blogger "instan"-nya komentar.... hahaha
Hati-hati google sandbox gan... :D

Fikar said...

Thanks banget infonya mas Admin, blog saya juga korban autoblog dari orang yang gak bertanggung jahat :(

Tapi dengan adanya tulisan ini setidaknya bisa mencegah hal - hal tersebut. Kalau bisa di posting juga cara pencegahan dan pengobatannya .. Kalau misalnya kita udah jadi bulan2nan blogger mie instant .. tq

Admin said...

Seperti yg ditulis diatas, feed-nya set ke short saja... :D
Saya lihat anda pake blogger dan feed anda masih FULL. atur saja jadi short di menu setting - site feed.

Semoga membantu

Post a Comment

Blog Archive