Solusi touchpad dan keyboard laptop tidak bisa jalan bersamaan

Tuesday, January 24, 2012


Masalah ini sudah lumayan lama saya alami, terutama saat main game. Kasihan, karakternya bisa jalan tapi gak bisa belok, bisa belok tapi gak bisa jalan... :D Karena itulah saya iseng-iseng mencari solusi akan masalah ini dan ternyata ketemu....

Pertama saya pikir ini memang settingan hardware mengingat hampir semua laptop teman saya begitu. Setelah saya cari-cari jawabannya, ternyata itu bukan masalah di hardwarenya, melainkan hanya settingan default driver touchpad.

Secara default touchpad di set dengan area jangkau menengah. Dengan memperluas area jangkauan maka keyboard dan touchpad bisa akur.. :D

Langsung aja ke solusinya:
Klik kanan icon touchpad di system tray anda, pilih pointing device properties. Asumsi touchpad anda dari synaptics system (Umumnya laptop menggunakan touchpad ini).
Buka menu pointing - sensitivity - palmcheck, seperti gambar dibawah ini:



Defaultnya disetting ke menengah, anda slide ke kiri hingga minimum, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.

Catatan: Dengan settingan yang minimum, berarti jangkauan sensor touchpad anda semakin luas dan mengakibatkan touchpad menjadi sensitif. Mungkin akan sedikit mengganggu ketika sedang mengetik teks.

Sekarang coba ketikkan keyboard sambil menggerakkan kursor anda dengan touchpad
Semoga tips diatas bisa menghilangan masalah touchpad yang tidak akur dengan keyboard... :D

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

13 comments:

Anonymous said...

masalahnya sama bgt sama punya saya,

tapi kalo saya masalahnya keyboard+mouse yang gak bisa...

di game saya bisa jalan cuma gak bisa sambil klik mouse, harus dilepas dulu tombol yang keyboard ,baru bisa di klik mouse-nya...

kira2 ada solusi ga buat masalah itu?

menderita main game nembak sambil diem. T_T

thx...

Admin said...

kalo keyboard sama mouse saya belum pernah ketemu masalah kayak gitu sob, jadi maaf saya tidak ada solusi untuk yang ini. Biasanya langsung cocok dipake bersamaan.

Kalau keyboard sama touchpad seringkali mau disetting dulu baru bisa dipake bersamaan.... :D

Zidane said...

cara masuk di menu pointing gimana gan?

Unknown said...

Makasih yaaaa.... Sangat membantu :3

Bagi yang belum paham caranya ...
ikuti langkah-langkah ini :
1. Klik kanan pada synaptics pointing device lalu pilih properti / cara lainya masuk control panel lalu cari mouse dan klik tulisan mouse nya....
2. Klik Device Settings
3. Klik settings... ( maka akan muncul properti seperti gambar diatas )
4. Klik pointing
5. Klik sensitivity
6. Klik PalmCheck
7. Seret ke kiri sampai minimum ...
8. Klik Apply
-Selesai-

Selamat mencoba ^_^

Unknown said...

HAHAHAHA...............
THX YA..................

RIMBA FOODS said...

Ane pake win 10 gimana caranya?

Shul.10 said...

work di win10 gan
bisa bersamaan keyboad sm touchnya
cmn msh blom bisa keyboard dgn kliknya

Alfiansyah Nur Fahrudin said...

makasih banget gan sangat membantu

Unknown said...

Bro anonymous lu dah tau solusi permasalahan lu? Gua sama persis permasalahannya kayak lu

Unknown said...

thanks sangat membantu

indofonplafonmodern said...

Mntp gannnn thx

Ainilhabib said...

Bang kalo punya saya windows 7, masalahnya saat buka mouse propertis/device settings/settings/disitu gambarnya berbeda, gimana ini bang

xerkn0v said...

masalah gw sma kayak bro Anonymous & Unknown, gmn ya solusinya

Post a Comment