Cara membuat video karaoke sederhana

Wednesday, July 6, 2011


Tips kali ini saya akan membahas cara membuat video karaoke sederhana. Bagi yang sering karaoke di rumah mungkin sudah ngerti apa yang akan saya bahas disini. Namun sekedar info bagi yang mungkin belum tahu, video karaoke biasanya memiliki suara instrumental dan suara vokal yang terpisah, dan pastinya memiliki lirik lagu.

Jadi di tutorial ini saya akan mengubah video biasa menjadi video karaoke. Anda membutuhkan 2 program editing disini. Adobe Audition untuk mengedit audionya dan Corel video studio untuk mengedit video secara keseluruhan.

Perlu diperhatikan bahwa minimal audio yang ada di klip itu 2 channel (stereo) baru bisa dimanipulasi menjadi lagu karaoke di adobe audition. Jadi kalau audionya mono tidak bisa.

Langsung saja kita masuk langkah pertama.
1. Insert video ke timeline, buang audio asli dari videonya.
Klik kanan video di timeline, split audio lalu delete audionya. Maka hasilnya adalah sebuah video "bisu" :D


2. Sekarang kita proses audionya. Adobe audition memiliki kemampuan mengekstrak audio secara luar biasa cepat. Klik kanan file video tadi lalu send to adobe audition. Audionya akan otomatis di ekstrak.

Jika tidak, anda bisa menggunakan audio converter untuk mengkonversi video tersebut menjadi audio file, semisal MP3.
Nah, setelah sampai di workspace audition. ikuti petunjuk cara membuat lagu versi karaoke di postingan saya sebelumnya.

3. Di timeline corel klik insert audio
Pilih file MP3 tadi. lalu insert. Nah, sekarang anda sudah memiliki video klip dengan suara karaoke. Selanjutnya kita menambahkan lirik lagu.

4. Lirik lagu kita buat dengan menggunakan text. Memang agak panjang kerjaannya di bagian ini. Lirik tidak ada animasinya jadi langsung tampil... :D
Klik icon T untuk menampilkan title. Pilih saja title yang standard seperti gambar berikut. Drag ke timeline text


Title tersebut memilike efek animasi, jadi kita hilangkan animasi tersebut sehingga menjadi text statis. Hilangkan centang pada enable animation


Kemudian di sebelahnya (tab edit) hias lirik anda menjadi lebih menarik dan jelas dibaca. Posisikan juga di bawah video seperti teks karaoke pada umumnya.


Nah, langkah selanjutnya drag text tadi dari timeline ke thumbnail
Maka teks yg kita buat tadi akan menjadi salah satu preset text. klik kanan - add to my favorite untuk menggunakan preset ini di kemudian hari.


Nah, sekarang anda tinggal drag thumbnail terebut ke timeline teks secara berulang-ulang untuk setiap lirik yg tampil ke video. Memang bagian ini agak membosankan.. :D
Edit isi text tersebut dengan klik 2x di jendela preview


Lakukan terus sampai selesai. Perhatikan juga timing teks, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat muncul... :D Video karaoke yang bagus adalah video yang timing liriknya tepat, yaitu 0,5 detik sebelum vokal penyanyi.



5. Langkah finalize. Anda bisa langsung burn ke disc atau save ke komputer sebagai file video.



Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda. Ditunggu komentarnya.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

24 comments:

company profile said...

itu ngedit dimana,?

Admin said...

untuk videonya pake corel video studio. Untuk audionya pake adobe audition sob... :D

yoyo said...

untuk hasil liriknya itu tampilannya nanti spt apa ? spt video karaoke umumnya yg berwarna gitu atau gimana ? thx

Admin said...

belum ada animasinya sob, jadi liriknya akan langsung tampil baris per baris gitu.... :D

yoyo said...

oooo gitu...
kalo utk spt animasi begitu pake software apa ya ? kan video karaoke dr jaman dulu modelnya udah begitu, jd intinya software udah ada dr dulu.
thx

Admin said...

nah, kalo yang kayak gitu saya belum tau softwarenya.. :D
Beberapa orang juga sudah menanyakan pertanyaan yg serupa...
Kalo udah tau pasti saya share disini... :)

yoyo said...

btw itu tutor diatas pake corel dan auditingnya versi brp ya ? koq saya gak ketemu menu2nya.thx

Admin said...

Pake corel video studio x4 sob, kalo adobe auditionnya saya pake yang versi 1.5 :D

yoyo said...

saya pake auditionnya yg CS 5.5 tp waktu setting audionya itu agak bingung, bisa minta tlg tutor step by stepnya lebih detil lg gak (kalo gak keberatan) ke email aja herary@yahoo.com....thx

yoyo said...

aku sdh coba pake audition versi 5.5 dan portable 1.5 tp tetap aja waktu setting dichannel mixer vocalnya keluar stereonya, knp ya ? plisss advicenya donk thx

Admin said...

Biar bisa dibuat versi karaoke, file lagu aslinya harus dual channel (stereo).

Tutorial yang disini saya pikir sudah cukup jelas.. :D
http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com/2010/02/membuat-suara-versi-karaoke.html

Tapi semua itu tetap tergantung sama lagunya sob, kalau lagu-lagu yang vokalnya ada di channel kiri dan kanan, maka gak bisa dibuat lagu karaoke.

Saran saya cari saja versi instrumental dari lagu tersebut. di youtube banyak yang share..

yoyo said...

waktu aku pake audition 5.5 pertama kali setelah install berhasil tuh suara vocalnya di 1 channel dan 1nya kosong tp waktu step besarin volume instrumentalnya ada masalah trus gagal jadi aku ulang lg tp jadi begitu vokalnya keluar di dua channel trus...aku udah ulang2 tetep begitu :(

Admin said...

Kalo setelah di channel mixer suara keluar sebelah saja berarti lagu itu single channel sob (mono) coba cari lagi versi lain yang stereo.

yoyo said...

justru stereo gan karna hasil convert dari video clipnya tp waktu pertama kali edit keluar 1/2 namun waktu coba lg keluar dua2nya trus :(

Admin said...

coba diulang prosesnya. Extract audio langsung dari video klipnya trus di channel mixer lagi.. :D

yoyo said...

saya gak bisa proses extract audionya (padahal udah ikutin tutornya), makanya saya pake converter

conan said...

utk extrak audionya saya pake cyberlink power director 10, lalu saya pake adobe audition 5.5 n berhasil buat mp3 karaoke. waktu buat corel studio pun lancar saja, masalahnya waktu share, create video file, hasil videonya tetep gak bisa kaya cd bajakan yg dipasaran (bisa dual audio), waktu play pake kompi udh berhasil (kanan instr, kiri instr+vocal), tp waktu pake dvd player gak bisa, gak bisa pilih instr aja gitu. caranya gimana biar bisa kaya cd bajakan gitu hasilnya??

Admin said...

harusnya kalau di komputer play sudah bisa maka video karaokenya sudah berhasil.
kalau menurut saya itu DVD playernya mono.. :D
Test dulu play di DVD player lain, set audio channelnya R/L dengan remote atau putar CD lagu karaoke...

conan said...

@admin dvd player saya mono? ndak juga...
karna cd bajakan yg saya beli dipasaran bisa kok.
cd yg saya beli formatnya dat
sementara yg pake corel tu formatnya mpeg ato avi. cara buat outputnya dat jg gimana?

Admin said...

oh gitu, DAT itu format VCD. Coba pake nero create VCD video.... :D

Saut M Silaban said...

apa nama software ne sob... tnk's...

Admin said...

corel video studio x2 untuk edit videonya, sedangkan kalo untuk edit audionya saya pakai adobe audition 1.5 :D

Rudy said...

Saya bookmark dulu sob..ntr mlm baru ane praktek in makasih banyak.......

Unknown said...

dengan cara di atsa sangat bagus dan mudah saya sudah mencoba untuk bikin
aplikasi karaoke article

Post a Comment

Blog Archive