Membedakan link dofollow dan nofollow

Tuesday, July 19, 2011


Bagi anda yang sudah mahir melakukan teknik SEO di situs anda pastinya sudah mengetahui apa itu definisi nofollow dan dofollow. Namun bagi yang belum mengerti bisa lanjut baca postingan saya berikut ini tentang tips membedakan link nofollow dan dofollow.

Sekilas tentang istilah keduanya. Saya akan jelaskan secara sederhana, untuk info yang lebih lanjut dan lengkap, anda bisa mencarinya di google... :D
- dofollow, artinya memberikan isyarat pada robot search engine untuk "mengikuti" tautan tersebut. dengan kata lain, tautan (anchor tag) yang memiliki rel='dofollow' atau tidak memiliki tag rel='nofollow' akan di-index oleh search engine.
- nofollow, artinya memberikan isyarat pada robot search engine untuk TIDAK "mengikuti" tautan tersebut. Jadi tautan dengan tag rel='nofollow' akan diabaikan oleh search engine.

Tautan yang tidak memiliki kedua tag tersebut defaultnya dianggap dofollow.


Ke inti postingan, bagaimana cara membedakan link nofollow dan dofollow?
Di webpage, anda tidak akan bisa melihat perbedaan antara link nofollow dengan link dofollow. Salah satu cara untuk melihatnya adalah melalui page-source. Anda tinggal klik kanan - view page source lalu cari link tersebut dan perhatikan apakah ada tag rel='nofollow' atau tidak di dalam anchor tag link itu. Jika ada tag rel='nofollow' berarti sudah jelas itu link nofollow dan demikian sebaliknya.

Di browser firefox, ada pilihan namanya view selection source. Jadi anda tinggal melakukan seleksi pada link tersebut dan klik kanan - view selection source. disana perhatikan lagi anchor tag rel='nofollow'-nya.

Selain dengan cara manual, anda yang menggunakan firefox bisa menginstall add-on yang namanya NoDoFollow untuk mengetahui secara pasti mana link dofollow dan link nofollow. Sebagai contoh saya sertakan link nofollow dan dofollow berikut ini. Silakan anda bedakan:

YAHOO

GOOGLE

Kumpulan tutorial menarik

Jadi dengan begitu anda sudah mengerti bukan mana link yang nofollow, mana link yang dofollow? semoga postingan ini bermanfaat bagi anda... :D

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

8 comments:

Jaka @psdesain.net said...

untuk browser chrome gimana mas?

Admin said...

kalau untuk browser chrome langsung aja cek di source sob.... :D

richard said...

terima kasih yaa sekrang saya tau dofollow dan nofollow

haliling said...

mantap...thanks infonya gannn

PseikologiMedia said...

wah saya juga akhrinya ngerti, hehe maklum sob, lg belajar :D

Cozy said...

Makasih info nya gan,sekarang jadi tau maksud dari ke 2 istilah itu. tp ada pertanyaan dikit, sebaiknya blog kita ikut aliran yg mana biar cepat terindex di google? apa untung dan ruginya dr masing2 aliran tsb? makasih sebelumnya.

Admin said...

Hal ini tak ada kaitannya dengan kecepatan index google sob, kalo blognya nofollow, maka tidak ada link juice yang "bocor" ke situs lain, otomatis lebih cepat naik pagerank. Sedangkan kalo blognya dofollow, maka link juice yg didapat dari google "dibagi" juga ke situs lain otomatis lebih lama naik pageranknya.. :D

Blog nofollow (seperti blog ini) cenderung sepi komentar, sedangkan blog dofollow biasanya banyak komentarnya soalnya banyak pemberi komentar mengharapkan situsnya kebagian link juice... :D

Anonymous said...

saya mau nanya kalau membedakan link nofollow dan do follow menggunakan plugin itu efektif ga. . .

Post a Comment

Blog Archive