Menggunakan flash sebagai background blog

Tuesday, July 20, 2010


Background blog umumnya hanya berupa image ya... atau sepetak foto GIF yang di repeat-yes... :D
Nah, apakah anda ingin mencoba sensasi baru? menggunakan FLASH sebagai pengganti image pada background blog? kita simak langkah-langkahnya berikut

Penggunaan flash sebagai background blog bukanlah perkara yang susah dilakukan. Walaupun dulu saya mengira hal itu sangatlah sulit dilakukan. Namun setelah caya cermati, mengganti background blog dengan flash semudah membalikkan telapak tangan.

Berikut contoh2 web dan blog yang menggunakan flash sebagai backgroundnya:
Lim Kok Wing university
Blog ini :D

Bagaimana, menarik bukan?
Nah, saya akan membahas penggunaan flash yang di ide-gue blogspot, soalnya sama platform (blogger) jadi lebih simple dan mudah dipraktekkan...

Nah, dari sana saya dapat 1 kesimpulan... ternyata template blog memainkan peranan sangat penting dalam keberhasilan ini. Template yang digunakan ide-gue itu termasuk yang paling sederhana... Templatenya saya pikir diambil dari sini, soalnya ada kesamaan ciri khas.. :D

Kalau template anda beda, tak ada salahnya mencoba dulu memasang flash sederhana ini sebagai background blog anda... Jangan lupa backup dulu templatenya..

Pertama kita ambil dulu CSS dari si ikan (background blog ini) Masukkan kedalam tag


<style>
#fish {
position: fixed; //supaya background tidak mengikuti scroll
width: 100%; //width dan height 100% supaya menutupi seluruh layar secara fullscreen
height: 100%;
left: 0px; //left dan top mengatur koordinat objek
top: 0px;
z-index: -1; //mengatur tata letak layer apakah diatas atau dibawah
background-color: black; //default background color
}
</style>


Tag diatas taruh didalam <head>
Kemudian kita ambil isinya:


<div id='fish'>
<object data="http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/112581010116074801021/fish.swf?up_fishColor5=0AE6FA&up_fishColor6=0D02E0&up_fishColor1=0B9637&up_fishColor9=D113C4&up_fishColor3=F5D90A&up_fishColor7=D4C7C7&up_fishColor10=4ECF08&up_fishColor4=6109E6&up_fishColor8=F0850C&up_foodColor=F7B859&up_numFish=2&up_backgroundColor=000000&up_fishName=My Fish&up_fishColor2=F50A0A&up_backgroundImage=http://&" style="outline:none;" width="100%" height="100%" type="application/x-shockwave-flash"><param value="always" name="AllowScriptAccess"/><param value="opaque" name="wmode"/><param value="noscale" name="scale"/><param value="tl" name="salign"/></object>
</div>

Isinya kita paste kedalam tag <body>

Selanjutnya, preview dulu blog anda (jangan di save) apakah kan sudah tampil sesuai yang diinginkan... :D
Seperti yang saya bilang diatas, tidak semua template bakal cocok untuk background flash. Kalau mau yang 100% bisa coba deh anda cari template baru di link yang saya berikan tadi.. :D

Selamat berkreasi

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

5 comments:

Akhbar Leon Heart said...

g bisa gan
tolong di perjelas secara detail yach
plisss

Admin said...

itu sangat tergantung templatenya sob... :D
Kalau mendukung, maka bisa.. kalu tidak mendukung maka tidak bisa digunakan.. :D

Yusufzulkarnain Pulogebang Cakung said...

Aduh gan! Gagal terus sejak jam 4 sampai sore gagal. ke ide-gue.blogspot ketemunya guttenuncencored.blogspot yang hot. ke sesat ke PYZAM.com otak-atik juga tambah bingung. mohon izin gan Try It Editornya saya pasang di website design salam kenal saja!

Admin said...

Maaf gan.... domain ide-gue.blogspot.com itu dulunya memang punya saya, tapi karena udah dihapus, saya pindah ke ide--gue.blogspot.com.
jadi domain lama yang telah dihapus akhirnya tersedia kembali dan berpindah tangan ke orang lain... :D

untuk template dari pyzam bisa browse disini
http://www.pyzam.com/bloggertemplates

intinya tidak semua template bisa langsung pas dikasih background flash... harus manipulasi dulu CSS-nya :D

ghirie said...

numpang belajar ya gann,.,.

Post a Comment