Mengatasi windows XP tidak bisa drag and drop file

Friday, October 14, 2011


Masalah ini beberapa waktu lalu menghampiri komputer saya. Mungkin ada yang mengalami masalah serupa, jadi saya share saja solusinya, mudah-mudahan bisa membantu... :D

Drag and drop merupakan fitur windows yang cukup sering digunakan dimana anda bisa memindahkan file dengan cepat menggunakan mouse, tanpa perlu klik menu cut/copy - paste.
Sebelumnya fitur drag and drop di komputer saya berjalan dengan baik, namun setelah saya update windows XP ke SP3, fitur drag and drop mendadak tidak bisa. Jadi agak repot kalau mau pindahkan file... :D

Setelah cari sana-sini, ketemu juga solusi yang mudah untuk mengatasi masalah ini. Anda tinggal membuka regedit, lalu cari key 180D di path HKEY_CURRENT_USER/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Internet Settings/Zones/4 Jika key tersebut tidak ada, maka buat DWORD key baru dengan nama 180D, valuenya set ke 0.

Sekarang coba lagi deh drag and dropnya. Mudah-mudahan sudah berjalan kembali... :D

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

9 comments:

Aryo said...

sip gan,untuk jaga-jaga terjadi ma kompiku ijin copi buat dokumen ribadi.makasih nice post n ditunggu kunjugan baliknya

kunyuk said...

makasih gan......

Desain Grafis said...

Nice posting...
bisa tukar link kah???

Admin said...

boleh sob, pasang dulu link blog ini, nanti kasih tau saya, biar saya pasang balik... :D

yohandee said...

gan ane dapet masalah kaya agan, ane udah jalanin yang agan printah, tapi masih ga bisa drag and drop? nape ya gan

Admin said...

restart komputer, Kalau agan pake internet explorer 7 atau 8, coba di uninstall dulu, truz di install lagi.. :D

Trik diatas berlaku untuk XP professional, kalo pake XP home saya gak yakin bisa.. :D

Anonymous said...

gan...aq da cb cara diatas, tp ga bs jg....aq pake win7 ultimate....tlng bantu bro...msh newbie....

Admin said...

Sebenarnya ada beberapa solusi yang mungkin bisa membantu:
- gunakan system restore
- repair install
- pastikan tidak ada program yang mengunci fitur drag and drop files.

Saya sarankan jalankan dulu windowsnya ke safe mode untuk mengecek drag and drop bisa jalan atau tidak.

referensi: http://www.sevenforums.com/attachments/general-discussion/120604d1291503811t-i-cant-drag-drop-2010-12-04_1801.png

Mas Admin said...

mantep gan ditunggu kubalnya boss
Tempat Wisata Di Singapura Tempatwisata.biz.id
Aplikasi UMKM dan Sarana Pendamping UMKM Konektifa

Post a Comment