Memberi efek zoom pada video timelapse

Sunday, August 21, 2011


Di postingan sebelumnya saya telah menjelaskan seputar video timelapse dan cara membuatnya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang memberi efek zoom pada video timelapse statis yang telah dijelaskan sebelumnya.



Video timelapse itu ada 2 style, statis dan dinamis. Yang statis lebih mudah dibuat sedangkan yang dinamis membutuhkan dolly khusus timelapse yang tentunya tidak murah. Namun kita bisa mengubah video timelapse yang statis menjadi timelapse yang lebih dinamis dengan menambahkan efek pan & zoom pada video tersebut.



Dalam tutorial ini saya menggunakan corel video studio. Bisa juga dengan software video editing lainnya :D

Langkah-langkah menambahkan efek dinamis pada video timelapse:

1. Import video yang ingin anda tambahkan efek. Video contoh berikut saya ambil dari lifehacker.



2. Pilih menu FX - video pan and zoom, seperti gambar dibawah, lalu drag ke video. Maka video tersebut sudah ada efek zoom :D







3. Berikutnya anda bisa mengubah style zoom yang ada di preset. Klik menu option di kanan bawah, lalu klik customize filter.





4. Disini akan dikasih 2 titik. titik awal dan titik akhir. Silakan anda atur seusai keinginan. Selain efek zoom, anda juga bisa membuat efek pan left, pan right, diagonal pan dan sebagainya. Klik OK jika telah selesai.







OK, itu saja caranya. Mudah bukan? selanjutnya tinggal anda render sesuai format yang diinginkan. Berikut saya beri perbandingan antara video sebelum dan sesudah efek.



Sebelum efek (versi asli)





Sesudah efek, maaf saya cut jadi 10 detik biar mudah uploadnya... :D


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

0 comments:

Post a Comment