Penyebab halaman web/blog lambat yang sering terabaikan!!

Friday, April 2, 2010


Ya, pengalaman ini saya temukan ketika melakukan trouble shooting pada blog saya yang lain. Kenapa blog yang itu selalu lambat loadingnya padahal semua widget telah dilepas... Simak triknya berikut.. :D

Beberapa kali saya berpikir mungkin widget blog yang terlalu banyak sehingga memperberat loading blog. Namun, ternyata semua widget tidak bersalah. Setelah saya melihat website-website lain yang jauh lebih berat (tapi loadingnya cepat dan lancar) daripada blog saya, akhirnya saya menemukan satu kesimpulan yaitu bahwa mereka tidak meletakkan background maupun widget secara FIXED!!

Ya, selidik punya selidik, ternyata background blog saya yang FIXED telah membuat blog saya lambat dan terkesan macet-macet loadingnya. Jadi saya ganti value background dengan ABSOLUTE di posisinya. dan semua widget yang statusnya FIXED saya perbaiki menjadi absolute.

Hasilnya, blog tersebut jadi lebih smooth walaupun semua widget telah saya pasang kembali. Jadi saran saya hindari penggunaan background FIXED pada template blog anda. Memang terlihat menarik, tapi menyusahkan... :D

-----
Sekedar info tentang fixed dan absolute:
Pada mode FIXED: widget atau background tidak menempel di halaman, jadi kalau halamannya di scroll, posisinya tidak berubah (fix)
Pada mode ABSOLUTE: widget atau background menyatu dengan halaman dan akan berpindah posisi ketika di scroll

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share
Untuk langsung menjalankan kode-kode HTML atau javascript, anda bisa menggunakan TryIt editor.

Click to open

Kunjungi juga blog saya yang lain di Online tutorial

9 comments:

dik said...

Perlu di coba nih, tapi ga ngertiletak2nya yg di maksud dimana. Catatan : saya memakai blogger.
Bisa lebih detail? Maklum lagi belajar mas.
Atau coba bisa di cek ga blog saya kira2 loading dah cukup lambat belum? http://diza-sidik.blogspot.com

Boleh tukeran link? Lintas berita sudah di pasang di blog saya. Terima kasih sebelumnya

rukawa said...

cara mengganti absolutenya di bagian mana ??
thanx before

Admin said...

Tinggal cari position:fixed; di CSS sob..
lalu ganti dengan position:absolute;

rukawa said...

gan, dh ane gnti tp msh lemot,,,
itu knp yaw ??
klau ga percaya agan bk web ane aje http://sofabeds-furniture.com/

di tggu jwbannya,,,
thanx

Admin said...

websitenya cepat sob..
dan renderingnya ringan, cuma file-file imagenya masih besar, coba di kompres lagi deh biar lebih kecil sizenya... :D

Kalo masih merasa lemot bisa pake page speed dari google untuk mengecek apa-apa saja yang bisa di optimalkan...

rukawa said...

lemot'a seh cm pada saat bk pertma X.
setelah itu mmg cpt.
itu termasuk problem di tmplate'a atau bkn ??
klau iya ane mau gnti tmplate.
ini dh 2X'a gnti tmplate.

rendering sm resize sama ??

Admin said...

kalau kedua kali buka itu karena udah ada cache, makanya lebih cepat. Saya liat emplatenya gak masalah, cuma gambarnya kurang di kompres.

Coba pake pagespeed analisanya. di postingan terbaru ada infonya.. :D
Bandingkan juga dengan kecepatan website-website lain... :D

rendering sama resize gak sama..

rukawa said...

ok thanx

Anonymous said...

share... tes adjja di
http://f2shared.blogspot.com/2011/04/tes-pengukuran-web-atau-blog.html

Post a Comment